Monday, May 14, 2012

RUTE PERJALANAN HAJI

PROGRAM PERJALANAN HAJI PLUS

(Hari Ke – 1) Jakarta – Jeddah – Aziziyah
1. Pagi Hari seluruh jamaah harus tiba AirPort Soekarno – Hatta untuk mengikutri acara pelapasan. Pukul 13.30 WIB jmaah memasuki AirPort. Insya allah pada pukul 15.00berangkat menuju Jeddah. Insya Allahg pada pukul 20.30 tiba di AirPort King Abdul Aziz Jeddah. Kemudian mengikuti proses Adminid=strasi kedatangan : (Proses imigrasi – pengambilan bagasi dan pemerikasaan Pabean – Penyelasaian administrasi Maktab)
2. Miqod (niat Umroh) di AirPort, dengan sudah mengenakan pakian Ihrom. Berangkat menuju Aziziyah, Tiba di Appartment / transit mengikuti proses check in dan pembagian kunci, kemudian memperbaharui Wudlu dan berkumpul di lobby. Berangkat menuju Masjidil Haram untuk melakukan Umroh bersama-sama.
(Hari Ke- 2 s/d 5) Aziziyah – Mina – Arafah
1. Setelah menunaikan ibadah Umroh kembali ke Aziziyah untuk beristirahat (05-08 Dzulkijah)
2. Tanggal 08 Dzulhijah jama’ah bersiap-siap untuk keberangkatan menuju arofah
(Hari – Ke 6) Arafah – Muzdalifah
1. Do’a dan Zikir Arafah Sebelum Dzuhur akan di bantu oleh para muthawwif Saudi Arabia. Melaksanakan Sholat Dzuhur dan Ashar dijamak Taqdim berjamaah. Khutbah Arafah dan Do’a Arafah, Setelah do’a Arafah dilanjutkan dengan bersalam-salaman & saling memaafkan. Selanjutnya memperbanyak do’a dan Zikir. Makam malam di Arafah. Sholat Magrib dan Isya di Arafah ( Jamak Taqdim). Setelah terbenam, berangkat menuju Muzdalifah.
Muzdalifah – Mina
2. Insya Allah kita akan Mabit (bermalam ) di Muzdalifah walaupun sejenak. Mengumpulkan batu-batu kecil (kerikil) sebanyak 49 butir untuk Jumroh. Setelah mabit di Muzdalifah, berangkat menuju Makkah untuk Tawaf Ifadah sa’l Haji dilanjutkan dengan Tahallul (memotong rambut minimal 3 helai). Sesudah Tawaf Ifadah, Sa’l Haji, & Tahallul maka dengan demikian semua larangan Ihram sudah di perbolehkan kembali, kecuali hubungan suami – istri. Kembali ketempat transit untuk melepaskan kain Ihrom dan beristirahat. Keberangkatan menuju Mina untuk melempar Jumroh Aqodah, Melontar 7(tujuh) bnatu yang pelaksanaannya akan di taur oleh petugas.
Catatan: 2 (dua) Alternatif perjalanan dari Muzdalifah.
a) Dari Muzdalifah ke Makkah untuk Meleksanakan rukun Haji (Tawaf Ifadhah, Sa’I Dan Tahallul)
b) Dari Muzdalifah ke Mina untuk melaksanak wajib Haji Jumroh Aqobah (Melontar 7 (tujuh) batu)
(Hari Ke 7 s/d 10) Hari Tasyrik – Ula / Wustho / Aqobah
Tanggal 10 dan 11 melaksanakan Jumrah Ula(7 batu) , Wustho (7 batu) dan Aqobah(7 batu). Waktu melaksanakan jumroh disesuaikan dengan keadaan dan akan di atur secara berkelompok. Mengikuti Pengajian / Ceramah Agama.
(Hari Ke – 10s/d 14) AZIZIYAH – MAKKAH
Bersuiap – siap untuk menuju kota Makkah Al Mukkaromah. Tiba di Makkah Check in. Melaksanakan Sholat fardu 5 (lima) waktu secara berjamaah di Masjidil Haram. Memperbanyak Ibadah dan Tawaf sunnah di Masjidil Haram. Makan pagi, siang dan malam di Restaurant hotel. Mengikuti Pengajian atau ceramah agama. Mengikuti acara Ziarah mengunjungi Jabal Tsur, Padang Arafah, Jabal Rahmah, Mudzalifah, Mina, Masjid Namirah, dan Ja’ronah.
(Hari Ke – 14) MAKKAH – MADINAH
Insyaallah pada hari ini jamaah bersiap-siap meninggalkan kota Makkah Al Mukharramah menuju kota Madinah Al Munawwaroh. Setelah sarapan pagi mohon koper-koper diletakkan di depan pintu kamar masing-masing. Berkumpul dilobi Hotel, dengan Bus AC menuju Madinah. Dalam perjalanan kita akan melewati check point / pemeriksaan oleh petugas haji Saudi Arabia. Tiba di Madinah langsung menuju hotel, kemudian berangkat mengikuti proses check – in dan pembagian kunci kamar. Memperbanyak ibadah di masjid Nabawi. (Sholat Magrib Isya di Jamak, Usahkan mengikuti Sholat Fardu pada kesempatan pertama di masjid Nabawi guna memperoleh kesempuranaan Sholat Arba’in.
(Hari Ke -14 s/d 23) Madinah
Melaksanakan Ibadah Sholat Fardu 5(lima) waktu secara berjamaah di masjid Nabawi. Memperbanyak ibadah Sholat Sunnah di Masjid Nabawi. Makan pagi, siang dan malam di Restaurant hotel. Mengikuti Pengajian / Ceramah agama. Mengikuti acara Ziarah mengunjungi makam Rasulullah SAW dan sahabat Abu Bakar As – Siddiq RA & Umar Ibnu Al Khatab RA, Makam Baqi, Masjid Kuba, Masjid Qiblatin, Masjid Tujuh (Kandaq), Bukit Syuhada Uhud serta Pasr Kurma.
(Hari Ke – 23) MADINAH – JEDDAH
Insyaallah pada hari ini jamaah meninggalkan kota Madinah Al Munawwaroh menuju Jeddah. Setelah makan pagi mohon koper- koper di letakkan di depan kamar masing – masing karena tim haji akan mengatur keberangktan untuk tujuan selanjutnya. Melaksanakan Ziarah Wada’ Ke Makam Rasulullah SAW (pamitan). Berangkat menuju Jeddah, dalam perjalanan kita akan melalui beberapa check – point / pemeriksaan oleh petugas haji Saudi Arabia.
(Hari Ke – 24 ) JEDDAH – JAKARTA
Melaksanakan Sholat Subuh di hotel. Makan Pagi di Rerstaurant hotel. Check – out hotel, kemudian berkumpul di lobby hotel untuk persiapan keberangkatan kembali ke Jakarta. Berangkat menuju Airport King Abdul Aziz – Jeddah , kemudian mengikuti Proses Administrasi keberangkatan : (Penyelesaian Administrasi Maktab, Check in dan penimbangan bagasi , Proses imigrasi.)
Sesuai Peratuaran penerbangan Jamaah harus beradai di Airport 5(lima) jam sebelum kebarangkatan pesawat. Setelah mengikutiproses imigrasi, kemudian masuk dalam ruang tunggu sebelum masuk ke pesawat. Berangkat kembali ke Jakarta Insyaallah tiba di Jakarta ke esokan harinya.
(Hari Ke – 25) JAKARTA
Insya Allah tiba di Air Port Soekarno – Hatta Jakarta dengan selamat . Setelah mengikuti Prosesimigrasi dan penge,pengem balian garasi, seluruh jamaah langsung menuju rumah masing-masing. Semoga amal ibadah kita di terima di sisi Allah SWT . dan Memperoleh haji mabrur

0 comments:

Post a Comment